Selasa, Oktober 30, 2012

jangan menunggu siap...

kata bapak-bapak pejabat waktu kami berkumpul di century park hotel (hotel atlet_red) ada yang memberikan nasehat bahwa menikah tidak perlu menunggu kamu siap, tapi bersiapkan dengan baik, bersiaplah melaksanakan tanggung jawab atas apa yangg kamu lakukan, kalau kamu menunggu dirimu siap, kamu gak akan pernah nikah, begitu intinya.

masih terngiang jelas di  otakku apa yang beliau maksudkan. aku sih berfikirnya, ketika aku nanti nikah, saya harus sudah siap dimana kami akan tinggal, bagaimana kami akan membesarkan anak, dimana dia akan sekolah dan bagaimana biaya pernikahan yang kami langsungkan.
namun, akhirnya otakku sedikit demi sedikit meneriman nasehat itu. kita butuh ''keterpaksaan'' untuk melakukan hal besar, bukan cuma mempersiapakannya saja, karena memulai sudah merupakan setengah jarak yang kita tempuh.

saya gambarkan begini, di awal kamu punya uang 20 juta untuk menikah. kamu berpikir bahwa uang itu gak akan mencukupi biaya pernikahan kelak, apalgi untuk menghidupi keluarga yang terbentuk kelak, nikah saja sudah butuh 15 juta lebih, perhitungan jika gak nyewa tempat dan catering yak.

ketika kamu mengajaknya untuk menikah, kamu hanya butuh keberanian, uang tetep utuuh. ketika lamaranmu diterima, pernikahan akan dilaksanakan oleh dua orang, kalian berdua. uang jadi nambah, kamu 20 juta dan dia misalnya 20 juta, total 40 juta. bikin undangan, eh bapak ibu yang ngundang, uang tetep utuh. bantu-bantu orang tua untuk membuat persiapan, dari sound system nyampek gedung dan makanan, kasih 25 juta lah, dah lengkap itu plus sama sumbangan dari teman dan kerabat (tapi jangan ngandelin yang ini yak... :D). sisa dana sekarang 15 juta, beli tiket ke lombok atau bali sekitar 3 juta, nginep dsana cukup 2 juta, oleh-oleh 2juta, total 7 juta. masih ada dana 7 juta, buat apa? sisanya sebaiknya dkasih ke orang tua, tanyakan apakah mereka masih punya tunggakan akibat pernikahan mereka.

nah, mislanya dari sumbangan terkumpul 5 juta dan beberapa kado, manfaatkan itu untuk membeli perlengkapan rumah, dimana kalian akan tinggal. kalaupun uang segitu kurang, kamu bisa minjam ke orang tua kamu, masa' tega mereka sama anak mantu mereka yang paling cantik dan paling ganteng sih?

jadi, tunggu apa lagi.... segeralah menikah :D

salam hangat dari bintaro yang baru saja turun hujan...

1 komentar: