Selasa, April 15, 2014

traveling ke singapura, sendiri dan pertama kali..

hem, akhirnya saya meluangkan waktu untuk menulis pengalaman pertama kali ke luar negeri, tepatnya ke singapura, dan saya sendiri waktu itu. perjalanan ini saya lakukan saat penyelenggaraan Singapore Air Show 2014, tepatnya tanggal 15-16 Februari 2014 lalu.

berawal dari iseng-iseng mencari tiket murah, akhirnya dapet juga tiket Jakarta - Singapur 600an ribu, lumayan buat saya yang bergaji berlebih dikit (: nah, udah booking nih jauh-jauh hari dan waktu itu belum punya paspor untuk ke luar negeri. bikinlah paspor di Imigrasi Tangerang lewat travel, 750k semuanya dan kita cukup dateng sekali buat foto dan wawancara. berikut syarat-syarat bikin paspor Indonesia versi biasa (bukan untuk kerja) dari pengalaman saya itu:
a. fotocopy KK
b. fotocopy ijasah terakhir
c. fotocopy KTP
d. Fotocopy akta lahir
e. surat dari instansi dimana kita kerja
f. surat keterangan domisili kalau KTP dan daerah pengurusan paspornya berbeda (saya KTP Jawa Tengah, tpi buat di Tangerang)

nah, semua dokumen yang fotocopyan lebih baik dilegalisir terlebih dahulu dan surat asli dilampirkan untuk dicek. semua akan diurus pihak travel dan kalau jadwal foto dan wawancara sudah ada, kita tinggal ke kantor imigrasi tempat pendaftaran. lama pembuatan berkisar antara 5-10 hari kerja, cepet kan? sekarnag untuk wilayah jakarta selatan dan tangerang selatan, ada 2 kantor imigrasi baru, namanya ULP atau Unit Layanan Paspor, lebih dekat dan enak, gak perlu ke warung buncit atau tangerang kota :)

nah, selama di singapur, saya nginepnya di tempat yang sangat luas yaitu Bandara Changi :) lumayan untuk menghemat uang dan ternyata banyak kok yang tidur di sana juga.
berikut tips buat yang pertama kali ke luar negeri terutama ke singapur:

a. siapkan berkas-berkas yang diperlukan dan harus ada: tiket pesawat (kalau naik pesawat), paspor (kalau bisa paspor dan semua dokumen bukti identitas diri kamu foto dan simpan di email)dan uang tunai secukupnya (+- SGD 100 untuk 2 hari)
b. sesudah check in di bandara, segera menuju ke pemeriksaan dokumen imigrasi, di sini cuma di check kesesuaian paspor dan wajah kamu, kalaupun ditanya paling cuma tujuan ke negara tersebut dan berapa lama.
c. setelah sampai ke negara tujuan, segera ke bagian imigrasi di negara tujuan, isi formulir keimigrasian, biasanya terdapat di ruang sbeelum petugas imigrasi dan biasanya malah dibagiin di pesawat. isi dengan hati-hati, usahakan di luar negeri kamu sudah punya tempat menginap di losmen/hotel (kalaupun tidur di bandara, tulis aja losmen mana, soalnya biasanya ditanyain sama petugas imigrasinya)
d. setelah lolos, segera lari keluar :D dan selamat datang di dunia yang jauuuh lebih baik.

nah, di bagian imigrasi, biasanya akan ditanyakan hal seperti tujuan kunjungan, berapa lama, menginap dimana dan berapa uang yang kamu bawa. jawablah dengan percaya diri, semakin kamu takut, semakin curiga mereka dan bisa-bisa dibawa untuk diwawancarai lebih lanjut, tapi hal ini sangat jarang terjadi kok.

di singapura sendiri, alat transportasinya sudah modern, rata-rata mereka menggunakan kartu deposit (seperti e-toll card atau emoney gitu) untuk membayar transaksi transportasi. saran saya, belilah Singapore Tourist Pass (STP) untuk kamu yang mau jalan-jalan di singapura untuk waktu 1-3 hari, harganya untuk 1 hari itu SGD 10, 2 hari sebesar SGD 16 dan 3 hari itu SGD 20, dan kamu harus meninggalkan deposit sebesar SGD 10. kartu ini dapat digunakan untuk perjalanan tanpa batas menggunakan MRT (Kereta Komuter gitu) dan Bus yang ditunjuk. kartu ini dapat kamu beli di loket Stasiun MRT Changi Airport.

oya, kalau takut nyasar, ambil peta yang sudah disediakan di bandara yak dan belilah kartu perdana untuk HPmu atau kalau kamu masih mau menggunakan nomer asalmu, kamu tinggal daftar aja, tapi untuk biayanya sangat mahal karena roaming internasional. untuk internet telkomsel, harganya bisa mencapai IDR 150.000 per dua hari untuk akses internet tanpa batas. kamu cuma perlu daftar dan mengatur jaringanmu ke jaringan SingTel.

waktu saya kemaren, untuk 2 hari saya cuma menghabiskan SGD 30, murah kan? tapi itu gak termasuk tiket masuk Singapore Air Show seharga SGD 25 #kemudiannangis #dompetsesaknafas hahaha, mahal yak? padahal cuma sehari waktu itu.

nah, soal makanan halal, banyak tersedia disini, kalau kamu bingung, di sekitar stasiun MRT yang beraksen arab, kemungkinan besar ada restoran halal, sekali makan biasanya 2-3 dollar aja dan itu udah kenyang.

nah, pokoknya jangan takut ke luar negeri yak :D manusia pada dasarnya punya hati ketika melihat orang susah seperti kamu kok, sperti saya juga :D

selamat berlibuuur...


*kalau ada yang mau ngajak ke luar negeri juga boleh, saya pingin ke luar negeri tapi gak sendirian, jadi bisa sharing cost gitu.

6 komentar:

  1. perlu pake bahasa enggres gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, dikit2lah, waktu dtanyain pihak imigrasi

      Hapus
  2. info ke sg pertama kali
    cocok buat backpacker nih
    thanks infonya

    BalasHapus
  3. Waw makasih info nya yaa...👍

    BalasHapus
  4. Waw makasih info nya yaa...👍

    BalasHapus
  5. Puasa pertama 2016 sy ke SG selama 3 hari biar aman bawa uang cash di dompet minimal 150 dollar cash,sisanya klw ditanya sy waktu itu tinggal kasih lihat ATM BCA sy saja,Terus yg tak kalah penting bikin itenary kunjungan di kertas HVS itu sanagt membantu jika di tanya di imigrasi sdh gk gelagepan,santai saja mainkan hp apalagi pakai earphone,topi buka semua,beli hostel penginapan yg murah @kiwi bugis per harinya kurang dari 150 rb bawa Tiket pesawat utk kepulangan,saya hanya 5 menit ditanya sana sini habis itu lenggang deh ke singapore..mau backpackeran barengan tahun depan dengan harga minimalis pelajar hub saya ya di transmedia2828@gmail.com

    BalasHapus